Wow! Inilah 7 Kuliner Indonesia yang Mendunia

Sudah bukan rahasia lagi berbagai kuliner indonesia yang mendunia telah banyak digemari hingga ke mancanegara, bahkan ada pihak yang berusaha mematenkan makanan tersebut. Misalnya Malaysia yang mematenkan rendang yang sebenarnya berasal dari Minangkabau. Supaya bangsa Indonesia lebih menghargai kekayaan kulinernya, kali ini Youngnesia akan membahas kuliner khas Indonesia yang mendunia. Apa aja sih?


Rendang

kuliner indonesia yang mendunia: rendang

Tahun 2011, rendang dinobatkan menjadi makanan terenak sedunia versi CNN. Rendang adalah daging sapi olahan dengan rasa pedasnya yang khas. Dahulu di Minangkabau, Rendang disajikan hanya pada acara-acara spesial atau untuk menjamu tamu. Saat ini di Minangkabau, rendang disajikan saat acara syukuran kelahiran, sunat, pernikahan, pengajian, Idul Fitri dan Idul Adha. Rendang selalu jadi menu wajib di restoran khas Indonesia yang tersebar di seluruh dunia.


Nasi Goreng

kuliner indonesia yang mendunia: nasi goreng

Di tahun 2011, polling yang diadakan oleh CNN Internasional yang melibatkan 35.000 orang memilih nasi goreng sebagai makanan terenak di dunia yang kedua setelah Rendang. Nasi goreng diakui sebagai makanan nasional Indonesia, walaupun di seluruh dunia ada berbagai macam versi nasi goreng dan dikatakan kalau asal muasalnya adalah dari China.

Yang membedakan nasi goreng Indonesia dan nasi goreng dari negara lainnya adalah penggunaan kecap manis yang lebih banyak, rasanya yang lebih pedas, dibubuhkannya bawang goreng dan dimakan dengan kerupuk. Katanya sih, nasi goreng dibawa oleh bangsa China yang sering wira-wiri ke Indonesia pada masa kerajaan Sriwijaya dan Majapahit.


Bakso


Presiden Obama sendiri mengatakan kalau bakso adalah makanan favoritnya sewaktu berkunjung ke Jakarta. Sejak itulah bakso menjadi kuliner Indonesia yang terkenal di seluruh dunia. Konon katanya kuah dan mie-nya dibawa oleh bangsa China, sementara gelindingan baksonya adalah serapan dari bangsa Belanda yang dahulu datang untuk menjajah Indonesia. 


Soto

kuliner indonesia yang mendunia: soto

Seperti yang kita ketahui, soto adalah campuran kuah kaldu, sayuran, dan daging. Soto menjadi makanan Indonesia yang mendunia setelah dibawa ke Suriname oleh para imigran dari Jawa. Soto punya ciri khas tersendiri di setiap daerah di Indonesia.

Berdasarkan daerah asalnya, variasi sotonya antara lain Soto Ambon, Soto Bandung, Soto Banjar, Soto Banyumas, Soto Betawi, Soto Kediri, Soto Kudus, Soto Lamongan, Soto Madura, Soto Makassar, Soto Medan, Soto Padang, Soto Pekalongan, Soto Semarang, dan Soto Tegal. Mana yang sudah kamu cicipi?


Gudeg

kuliner indonesia yang mendunia: gudeg



Gudeg adalah olahan nangka muda yang dimasak dengan santan dan gula palem. Gudeg pun memiliki berbagai variasi sesuai daerah asalnya. Gudeg Jogja biasanya kering. Gudeg Solo diberi banyak santan sehingga banyak kuahnya. Sementara gudeg dari Jawa Timur akan lebih pedas dibandingkan tetangganya yang cenderung manis. Kalau kamu tinggal di Melbourne dan kangen dengan masakan Indonesia, pastikan untuk mampir ke restoran Warung Gudeg di Clayton Road.


Tempe

kuliner indonesia yang mendunia: tempe

Siapa yang nggak kenal tempe? Menurut sejarawan Ong Hok Ham, tempe ditemukan ketika secara tidak sengaja tumbuh sejenis jamur putih pada residu pembuatan tahu, yang ternyata bisa dimakan. Tempe menjadi kuliner Indonesia yang mendunia terutama di kalangan vegetarian. Kamu bisa menemukan tempe di seluruh dunia, terutama di toko-toko makanan sehat (Whole Foods), Sunflower Market atau di Walmart.


Gado-gado

kuliner indonesia yang mendunia: gado-gado

Gado-gado adalah campuran sayur-sayuran yang dimasak matang,  kemudian disajikan dengan telur dan saus kacang. Gado-gado bisa kamu temui salah satunya di Montreal, khususnya di restoran bernama Gado-gado Indonesian Cuisine.
Buat yang masih tinggal di Indonesia, jangan lupa untuk mencicipi semua kuliner Indonesia yang mendunia mumpung masih mudah mendapatkannya. Siapa tahu kamu nanti harus tinggal di luar negeri. Walaupun sudah tersedia di restoran Indonesia, tetap saja rasanya tidak akan sama. Cintailah produk dalam negeri!

0 Response to "Wow! Inilah 7 Kuliner Indonesia yang Mendunia"

Posting Komentar